top of page
Search
  • Writer's pictureJaniceshad

Makanan Daerah Bandung Yang Enak


Jadi ibukota dari propinsi Jawa Barat, bikin Bandung berubah menjadi kota metropolitan yang disebutkan tak pernah tidur. Kecuali punyai daya tarik pada object wisata alamnya yang melimpah, ada juga wisata kuliner di kota berjuluk Paris Van Java itu. Olahan-olahan tradisionil sampai kekinian dengan gampang dijumpai disana, bahkan juga sebab masyarakatnya yang kondang dengan kreatifitas serta pembaruannya itu yang bikin Bandung miliki banyak kuliner lezat. Bahkan juga makanan tradisionil lantas, disulap berubah menjadi panganan dengan rasa yang elegan serta tentu saja dapat beradu dengan panganan kekinian. Kata baso buat beberapa orang sama seperti bakso, tapi di Bandung dua kata itu berlainan dari sisi makna, sebab bakso yakni makanan berkuah dan baso tahu yakni tahu yang berisi daging ikan giling. Sebetulnya baso tahu miliki pemahaman lebih luas , sebab pada sebuah jumlah baso tahu dapat menunjuk pada makanan berwujud tahu isi daging, siomay, serta bumbu kacang jadi bumbunya.


Lotek Bageur

Pada sebuah porsinya pun acapkali ada penambahan lain berwujud telur rebus, kentang rebus, kol, serta pare. Dan pemberian bumbu kacang ditujukan supaya baso tahu punyai rasa pedas, sebab bumbu kacangnya direncanakan lebih pedas ketimbang makanan ciri khas Bandung yang pedas berwujud siomay umumnya. Di Bandung sendiri, ada yang namanya Baso Tahu Tulen, walaupun serupa dengan baso tahu lain, tapi produsen yang satu ini punyai ketidaksamaan rasa yang cukup mencolok. Pemanfaatan daging ikan yang semakin banyak ketimbang tepung dalam isian baso tahu bikin rasa ikannya sangatlah kuat dirasakan Belumlah juga kacang dari bumbunya dibikin tidaklah terlalu halus, hingga rasa kacang lebih merasa di mulut.


Surabi sangatlah menempel dengan Kota Kembang, walaupun di berapa wilayah seperti Surakarta pun punyai olahan itu. Panganan dengan nama lain serabi itu sebagai olahan yang dibikin dengan bahan baku berwujud tepung beras yang dibuat dengan tungku. Umumnya, surabi dapat disediakan dengan rasa manis sebab digabung bersama dengan kuah gulanya, walaupun saat ini udah banyak produsen-produsen yang tawarkan topping baru. Mengingat surabi yang baru jadi punyai rasa tawar, membuat bisa menjadi pasangan yang klop kalau di gabung dengan beragam toppingnya yang punyai beragam rasa.


Nasi Kalong

Satu diantaranya yang tawarkan surabi dengan topping memikat yakni rumah makan dengan nama Surabi EnHaI (NHI). Pemanfaatan nama enhai sendiri diperoleh dari terletak yang ada pada Jl. Setiabudi No. 137 serta di depannya pas ada Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) atau dahulunya diketahui dengan nama National Hotal Institute (NHI). Nasi kalong salah satunya kuliner ciri khas dari Bandung yang dibikin dari nasi serta beragam lauk yang beraneka menemaninya. Yang membuat unik yakni nasinya yang bewarna hitam, hingga serupa dengan kalong atau dalam bahasa Indonesianya bermakna kelelawar. Nama perkedel bondon demikian kondang di Bandung, walaupun olahan ini hampir serupa dengan perkedel-perkedel lain di luar sana. Satu diantaranya tempat yang menjualnya yakni di Jalan Babakan Stasiun Hall No. 43 yang saat ini berubah menjadi satu diantaranya lokasi wisata kuliner. Nama bondon yang menempel pada makanan ini termasuk unik, sebab dalam bahasa sunda, bondon menunjuk pada wanita-wanita penghibur malam.


Pemanfaatan istilah ini sebab dahulunya perkedel itu cuma di jual kala malam hari dengan costumer terutama yakni banyak wanita-wanita itu yang baru pulang dari diskotik. Bahan khusus pengerjaan perkedel ini yakni kentang, yang notabene acapkali difungsikan jadi konstruksi khusus dari perkedel lain. Walau bagaimanapun, yang membuat spesial yakni sebab pemanfaatan bumbu yang spesial serta ‘rahasia’ buat mengonsumsi publik. Tapi yang paling tentu perkedel ini miliki rasa gurih dengan sisi luarnya renyah serta dalamannya demikian lembut di mulut.


Perkedel Bondon


Makanan ciri khas Bandung dapat disantap jadi snack ataupun jadi pendamping makanan berat seperti nasi, juga bisa dikerjakan serta saling enak. Makanan dengan bentuk bundar yang enak dicocol dengan sambal ini dihargai sekedar 2 ribu per satuannya yang sangatlah enak disantap saat panas. Bila dengar makanan dengan nama burger tentunya bukan makanan Tanah Air, begitupun dengan bakpao yang makanan di luar. Tapi bila burger serta bakpao daging di gabung berbentuk bageur, jadi itu yakni kuliner asli Bandung serta tentu saja bukan di luar negeri. Lotek sebagai olahan dari beberapa macam sayuran yang diurap dengan bumbu kacang serta asli dari Bandung serta dataran Sunda. Selintas memang serupa dengan gado-gado-nya Jakarta, pecel, serta karedok, walaupun kesemuanya miliki ketidaksamaan yang gampang dibedakan. Ciri khusus dari lotek yakni punyai aroma kencur yang lebih merasa serta pemanfaatan bumbunya bergabung dengan kentang halus rebus. Trik makannya seringkali dikonsumsi beserta lontong serta ketupat bahkan juga nasi dengan penambahan kerupuk serta bawang goreng.

3 views0 comments
bottom of page